Tips Mencari Rumah Murah Sesuai Budget

Catchy amir sih judulnya wkwkw. Demi kena SEO gugel nih kakaaa *polos *jujur.
Tapi kan murah itu relatif yah. Daripada bikin php orang yang baca, mendingan cari judul lebih aman gimana? XD

Anyway busway, postingan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi ya. Buat orang- orang yang mau mencoba, pasti nanti hasilnya akan ada perbedaan di setiap individu. Namanya juga mencari rumah itu seperti cari jodoh. Ga bisa sama hasilnya. Tapi namanya ikhtiar dan doa, wajib hukumnya dilakukan secara maksimal biar hasilnya maksimal juga.

Sebelumnya udah diceritain proses pencarian si emak dan paksu hingga menemukan jodoh rumah kami disini. Nah, para pembaca yang lagi edisi hunting pun bisa mencoba cara kami. Kalau dihighlight, first thing firstnya adalah:
1. Tentukan kebutuhan dan keinginan. Mana yang wajib dicari dan harus ada dalam properti yang dicari, mana yang bisa dinego.
2. Tentukan lokasi idaman. Lokasi plan A, B, dan C.
3. Tentukan budget. Cek kondisi kesehatan keuangan ya. Kemampuan maksimal pinjaman kalau kepikiran buat ambil pinjaman ke bank, kebutuhan sehari2 keluarga jgn lupa juga diitung. Jangan ampe ada rumah berlindung tapi ntar bingung kehidupan hari esok seperti apa. Buat tentuin budget rumah, bisa tuh kita cari referensi harga di portal penjualan rumah di internet.
4. Revisi no 2 bila terdapat kondisi no 2 dan 3 tidak bisa matching :,(
Kalau budget cocok dengan referensi harga, bisa selanjutnya kita mulai hunting. Tapi kalau budgetnya kejauhan, coba revisi standar dan lokasinya lagi. Khawatirnya ntar kita ngarep terlalu tinggi, kemampuan finansial kita juga agak jauh. Kalau misalnya butuh banget tahun ini punya rumah sendiri tapi ga bisa revisi no 1, 2, dan 3, khawatirnya berujung ga bakal dapet- dapet.

Kalau udah tau dan cocok dengan budget dan tau lokasi yang diincer, tips dalam mencari rumah idaman bisa dilakukan dengan cara:

1. mantengin portal2 jualan rumah. Ada rumah123.com, olx.com, rumah.com, banyak banget deh.

Tipsnya kalau liat web- web portal ini, pastikan menggunakan filter/menyaring opsi2 sesuai dengan kebutuhan kita ya. Masukin tuh angka budget dan lokasi yang kita incer. Jangan ampe budget di 500jt, tapi filternya disimpen di harga 100M misalnya XD. Otomatis ntar properti2 yang harganya tinggi- tinggi bakal ikut muncul dan bikin kita ga fokus gegara rumah- rumah mewah malang melintang buat diliat mata, lalu keburu mimpinya tinggi2 dan melupakan realita di depan mata wkwk. Tips lainnya adalah dengan membandingkan harga per m2-nya utk setiap properti sehingga kita tau mana yang dijual dibawah harga pasaran di area tersebut . Jangan lupa juga untuk double checklokasi yang diinfokan di google maps. Sering loh misalnya kita cari daerah Bintaro, ntar search resultnya bakal ngasih lokasi di 15-30km jauh dr lokasi inceran kita, atau bisa jadi malah nyasar diliatin rumah di Depok XD. Nah kalau semuanya dirasa udah cocok dengan apa yang kita butuhin, baru deh bikin janji dengan penjualnya.

2. Hunting manual lewat agen2 penjual rumah macam E*a Property, R*y properti, dll. Tapi jangan lupa, kalau lewat mereka ini biasanya rumah akan jadi lebih tinggi harganya karena ada service fee 1-3% utk si agen.

3. Hunting sendiri. Sesungguhnya ini yang tipe hunting yang paling seru dibandingkan dua diatas. Karena macam mencari harta karun, kita ga akan tau apa yang bisa kita dapatkan cuy.Semakin kita blusuk2 mencari, semakin banyak potensi2 rumah muncul sesuai kebutuhan kita. Nah Disarankan kalau hunting tipe yang gini sih mending naik motor aja. Karena bisa jadi tiba- tiba lewat sesuatu jalan, trus liat rumah yang nampak sesuai dengan harapan tapi keburu kelewatan, jadi harus muter balik. Atau misalnya mau lewat jalan pintas biar cepet. Kalau naik mobil kan repot pastinya. Nah sesungguhnya banyak loh tanah dan rumah yang dijual dibawah harga pasar tapi ga dimasukin iklan. Selain cari dengan ngider, bisa juga tanya satpam atau tukang ojek di lokasi yang kita keceng. Lumayan juga menghemat waktu. 

Tips berikutnya, edisi menawar propertiiiii…!
1. Selalu apresiasi properti si pemilik rumah. Rumahnya bagus, lokasinya oke, kondisinya, blablala.
2. Beritahukan effort mencari. Jadi keliatan niatnya kita dalam cari rumah, githuuu..
3. Ceritakan kebutuhan kita yang sesuai dengan properti si pemilik
4. Tawar dengan sopan. Yang bisa ditawar selain nego harga juga bisa di term pembayaran, atau meminta tolong owner bersabar sehingga kita bisa apply bank utk proses KPR. banyak loh owner2 properti yang males berhubungan dengan bank.
5. Be nice! pasang senyum, selalu sopan. Jangan songong! Ingat, kita yang butuh, bukan mereka loh.

Nah selanjutnya, jangan lupa juga kencangkan doa yaaa!
Semoga utk para pembaca yang sedang ikhtiar mencari rumah segera dipertemukan segera dengan jodoh rumahnya dan dimudahkan rezekinya yaaa…aaamiiiin.

image source: here

One thought on “Tips Mencari Rumah Murah Sesuai Budget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s