Cerita Mandi

Ada seorang anak imut-lucu-menggemaskan yang tadinya ga bisa ngapa- ngapain, yang dulu kalau diminta mandi pasrah aja dibukain baju-dibanjur air-disabunin ama emaknya, sekarang baru juga denger kata mandi, langsung semangat teriak ‘MEISYA MAU SENDIRI!’. Iya, ngomongnya pake suara keras bak pejuang ’45 yang berapi- api gitu. “SIAP NAAAAK!”*teriak ala suporter* *ikut berapi- api* *mode sabar on*

Kucuk kucuk kucuk…lalu pergilah neng alit ke depan pintu kamar mandi.

Masih dengan gaya pejuang ’45, si neng berteriak, lantang:

“MAU BUKA BAJU SENDIRII..”

Si neng kalo buka baju udah gape sekarang. Tarik si baju kaos keatas, keluarin tangan dari baju, lalu adegan pamungkas adalah keluarin kepala dari lingkar kaos. Adegan terakhir yang seringkali berjalan ga mulus dan berujung si emak mulai ilang kesabaran satu bar. Itu kan ya…si kaos susah dikeluarin dari kepalanya dia. Terus udah mulai keluar keluhan- keluhan yang berujung nada- nada tahan-nangis-gigit-bibir gitu gara- gara ga bisa dilepasin. Terus kan yaaa…ngeliat kondisi si neng yang tampak kasihan, gundah gulana, dan putus asa, berujunglah si bunda mau bantu gitu. Terus si dia marah aje doong…dan mengulang kembali statementnya “Meisya mau sendiriiiiii…” bari jeung ceurik bin manyun tea sambil lari- lari oleng menjauhi emaknya. Suara yang keluar udah mulai ga sesemangat di awal. Ujung-ujungnya, dengan semakin putus asa, nangis di pojokan. Tapi gengsinya so aduhai begitu besar. Sampai detik itu, ogah kalipun dia minta tolong emaknya -_-

Kalau udah masuk momen ini, si emak udah siap mental, langsung deh bantuin buka itu baju. Walaupun nangis masih ada, tapi pelan- pelan berhenti. kekekeke, iye naaak, bunda tau kok kamu sebenernya pengen minta tolong kan? tapi gengsi kaaan? *colek- colek si neng.

Nah ya…Kalau si neng mode gengsi on gitu, berarti si anak hampir menyerah. Si bunda bisa jadi pahlawan karena membantu di tahap ini.

Lain cerita kalau si neng lupa, siap- siap si emak jadi tersangka๐Ÿ˜„

Pernah tuh ada hari saat momen mau mandi, trus dia lupa punya program gw-mau-buka-baju-sendiri-ga-boleh-ada-yang-bantu. Si emak yang ikut lupa ada-program-itu nyantei aja bukain baju si neng. Ujung- ujungnya, saat si neng masuk kamar mandi, baru banjur badan sekali, dengan badan basah mendadak diam, shock, dan ga mau lanjut mandi dong. Doi nyadar yang buka bajunya bukan diaaaaaa!! Again, she repeated her statement boldly: “MEISYA MAU BUKA BAJU SENDIRIII….”

*si emak garuk- garuk* *I’m busted*

si emak yang nyadar ini adalah kesalahannya secepat kilat putar otak dan menemukan solusi yang ngehe-tapi-jalan-terbaik. Dengan gaya yang dibuat se-cool mungkin biar ga jadi tertuduh banget (lah, suruh siapa neng alit ini lupa *emak ga mau kalah*), si bunda mengeluarkan jurus negosiasi tingkat teri:

“Tadi siapa yang lupa buka baju?”

Ga ada jawaban. Anggukan pun nihil. Gengsinya keluar lagi.

Doh, kalau begini, berarti si emak jadi tersangka tunggal.

Curiga dalem hatinya dia bilang ‘ih bunda, kenapa ga ingetin Meisya?”

” oooh…Meisya mau buka baju sendiri yaaaa?”

Doi ngangguk. Nangisnya mulai berhenti.

“Bunda pakein bajunya lagi, terus Meisya buka sendiri?”

Doi ngangguk lagi. Mantap.

 

Dan tersebutlah hari itu menjadi hari mandi terpanjang di dunia *phuih…*

 

One thought on “Cerita Mandi

  1. sandia primeia says:

    haaa … sejenis
    mandi gitu. wudhu gitu. shalat gitu. makan gitu. nutup korden aja heboh … hihihi, seruuu *baca: riweuh

    kau rajin menulis, tante

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s