Menyetok Bumbu

Buat para emak yang menghindari rempong di dapur ketika memasak, ini ada tips dari temen saya, yang terlihat mudah, namun sebetulnya…..MUDAH (terms and conditions apply :P).

Short story, ini adalah tips menyetok bumbu di kulkas, sehingga ketika tiba waktu memasak, kita- kita para emak tidak perlu khawatir bin rempong kupas- kupas bawang, jahe, kunyit, deelel. Jadinya, kita benar2 menghemat waktu ketika memasak. Terlihat sangat menggiurkan bukan? Terutama buat para emak yang udah punya niatan masaka, yang seneng banget browsing- browsing resep di internet dan buku resep, tapi setelah itu niatan segera menguap karena terlalu banyak bumbu yang harus disiapkan, sementara anak tidak bisa ditinggal (yang ini gw banget). Atau kalau ga mau mubazir bumbu dapur cepat busuk tidak dipakai karena anda membeli banyak di pasar karena tergiur harganya yang murah sekali? yang ini juga gw banget *cari teman*

Btw, alasan terbesar si bunda kegoda pisan bikin yang beginian karena: 1. Pengen (sok) higienis, bersih. 2. Di supermarket karawang ga ada yang jual bumbu giling beginian. So here we go…

Bahan:
Bumbu apapun yang mau dihaluskan atau distok dalam kulkas.
air secukupnya.

Alat:
-Pisau tajam
-Blender
-Ice cube ukuran sedang
-ziplock/plastik tahan dingin

caranya:

-Pergilah ke Mamang sayur. Belilah bumbu dalam jumlah banyak. Namanya juga nyetok bumbu. Bisa bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, cabe merah, deelel.
-Pulang dari mamang sayur, siapkan pisau yang tajam dan waktu yang banyak. Mulailah mengupas si bumbu satu persatu๐Ÿ˜›. Menurut saya, ini adalah cobaan yang paling besar.
-Haluskan bumbu dengan blender. Beri sedikit air agar proses penghalusan lebih mudah dan cepat halus.
-Masukkan bumbu ke dalam ice cube, lalu masukkan ke freezer.
-Bila sudah beku, keluarkan ice cube, keluarkan bumbu beku dari tempatnya dan masukkan kedalam plastik tahan dingin/ziplock. Bila bumbu beku tidak bisa dikeluarkan dari cetakan, tunggu sekitar 10 menit dalam suhu ruang,lalu mulai pukul- pukul.
-Masukkan ziplock kedalam freezer.
-Keluarkan bumbu bila diperlukan.

Mudah sekali bukan? Cobaan yang paling berat memang berada pada bagian kupas mengupas. So far, sampai saat ini, saya hanya berhasil menyetok satu bumbu saja, si bawang merah๐Ÿ˜€

Selamat mencobaa…!

3 thoughts on “Menyetok Bumbu

  1. semangaatt ninaaa !!!!
    klo dekeet… gw lemparin bumbu rendang niih Nin… yg udah jadi.. plus pk sangraian kelapa didalemnya…

    seperti biasaa…. gw niatnya banyaaak… mood nya ajrut2an :p
    jadinya bikin bumbu rendang langsung stengah jar blender
    *dodol*

    • ninaberkarya says:

      Ty, lempar kesini dong bumbu rendangnya. Eh jangan ding, ntar gw bikin malu mertua gw yang orang bukittinggi. Bukannya minta ke beliau, malah minta ke lo๐Ÿ˜› etapi ga bisa juga gw minta ke beliau, pencitraan gw ntar gagal.hahahahaha

      eh, kita emang nyonya mood-mood-an yak? peluk ahhhh…

  2. admin coklat says:

    Ada lagi solusi utk yang sama sekali gak mau repot. Yaelaahhh bumbu halus aneka ragam dijual di carrefour gituhh. Tinggal beliiii. Dan aku punya filing bumbu2 itu sama murahnya dengan ngulek sendirii . ahahaha

Leave a Reply

