Bitterballen ala Bumil

Saya ngidam bitterballen!!

Terinspirasi dari nyari menu tajil ala orang Belgia, gituh. Yang enak- enak tapi ringan. Dan menu ini muncul aja gituh di benak saya. Pas banget dah, bentuknya bulat- bulat seperti bola pingpong, kecil, ringan, enak pulak!

Awalnya sih niatan pengen beli aja, secara ini makanan aslinya dari tetangga sebelah, The Netherlands. Cuman gosipnya, kalo makan di daratan eropa sini agak susah nemu Bitterballen halal, alias ga pake daging babi.

Dan emang rezekinya ibu hamil, dua hari yang lalu saya nemu resep Bitterballen disini.Karena ngiler liat gambar, ngiler ama rasa, dan tergoda ama bujuk rayu si resep yang gampang banget dibikinnya, akhirnya hati saya luluh juga buat bikin ini makanan (berasa baru ditembak ma cowo gini ya😛 ).

Masuk ke dapur berbekal laptop berisikan resep, niat yang tulus bikin snack buat berbuka puasa, dan tak lupa dua orang asisten koki–yang lagi-lagi saya paksa ajak masuk dapur. Siapa lagi kalau bukan si pacar dan seorang teman, yang kebetulan emang lagi ada di rumah, Bang Kiki Rita🙂 .

Ga pake lama dan mahal bikin menu ini. Mungkin sekitar 30 menit juga kuranglahhh.. Pokoknya ga kalah cepet ama serial masaknya Abang Bara ‘Gula-Gula’ yang di TransTV itu.  Selidik punya selidik, wong tiga orang gitu yang ngerjainnya :)). Yang satu jadi mandor dan tukang tes rasa (berubung si nyonyah yang satu ini udah berbuka sebelum waktunya karena hamil), yang satu jadi kuli aduk, yang satu jadi tukang nyampur bahan. Enak benerrrr….

Voilaaa….inilah dia hasilnya

Bitterballen ala Bumil, grundul- grundul

Makannya pake sambel AB*

Yah, maaf sodara- sodara. Setelah liat si Bitterballen berbentuk buletan- buletan peang(dan kaya akan warna- warna hitam yang muncul kayak tompel) di foto yang saya uplot ini, mungkin yang ga suka atau ga pernah nyoba Bitterballen ga akan tergerak hatinya buat nyoba beli bikin (eh, tapi emang sengaja pake bentukan peang dan ‘tompel’ segala kok. Sense of Art saya lagi bekerja demikian soalnya. Kekekekeke….ngeles!).

Makanya, ente- ente coba dulu pergi ke cafe Ngopdul (Ngopi Dulu) di daerah Dago sonoh atau Atmosfer Resto, dan sejenis resto mahal lainnya, dan cobalah pesen ini jenis. Setelah ente- ente sakit hati liat bon karena harus bayar mahal (dan isi sedikit, tidak cukup buat nambal perut kelaparan setelah menggoes becak😀 ), pergilah ente- ente ke tempat saya. Udah ga usah ngeluarin isi kocek (alias gratisss…orang mana yang ga suka gratisan?), makannya bisa banyaaaakkk pula. Ya cuman itu, ongkos pergi Indonesia-Belgia ga ditanggung ya.kekekeke

Oke deh, happy berbuka semua!!

2 thoughts on “Bitterballen ala Bumil

  1. fiuuuh..untung eik baca tulisan ini pas udah buka…ngiler bisa2….

    hahaha….
    jeng nin, jeng nin….
    memang bumil penuh aksi….heh..tong loba gerak, jiga di kampus baheula, hehe….jaga kesehatan ya nin ^^

    bikin yang banyak nin, trus kirimlah ke kopo…daku rela menanti….ntar gantian eik kirim kolek ama cendol elijabet….

    • ninaberkarya says:

      kekekekeke…sekarang mah banyak geraknya di dapur myo *kedapur atas dasar kepepet😛

      kalo di bandung mah ga usah masak laaahhh…wong kayaknya bakal dapet kiriman makanan terus dari gadis kopo ya?;)

      _kirim ke koponya udah myo, tapi kayaknya ga bakal nyampe, udah keburu diabisin ama abang2 pos😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s